My Islam

Tokoh Islam

Biografi

Artikel

Tips & Tricks

Kisah

» » » Hukum Melakukan Transaksi dengan Toko yang Menjual Pakaian Tidak Islami

Saya mempunyai sebuah perusahaan komputer yang masih kecil. Saat ini, saya sedang diminta untuk mendesain program administrasi untuk sebuah toko yang menjual barang-barang yang tidak boleh digunakan, seperti pakaian wanita yang ketat dan lain-lain. Apakah saya boleh melakukan kontrak kerja dengan toko seperti ini?

Jawaban : Mufti Prof. Dr. Ali Jum‘ah Muhammad
Ditetapkan dalam kaidah syariat bahwa sebuah barang yang mengandung dua sisi hukum; halal dan haram, maka dosa dari penggunaan barang tersebut untuk sesuatu yang haram adalah dibebankan kepada penggunanya saja, bukan dibebankan pada pembuatnya ataupun penjualnya.

Pemilik toko itu tidak diharuskan menanyakan kepada setiap perempuan yang membeli pakaian itu, apakah dia keluar rumah dengan memakai pakaian islami atau tidak. Karena, bisa saja dia memakai pakaian itu di dalam rumahnya atau dia memakainya sebagai pakaian dalam. Oleh karena itulah, tidak apa-apa menjual pakaian seperti itu dan melakukan kontrak kerja dengan toko yang menjualnya.

Wallahu subhânahu wa ta’âlâ a’lam.

Author Straw Hat

Jαngαn mαlu untuk menulis tentαng Islαm wαlαupun sepotong αyαt...Mαnα tαhu dengαn sepotong αyαt itu berhasil menyentuh hαti pembαcαnyα....

Sharing Is Caring
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply