My Islam

Tokoh Islam

Biografi

Artikel

Tips & Tricks

Kisah

» » » Hukum Menunaikan Haji Sunah Ketika Masih Mempunyai Hutang

Pertanyaan
Saya membeli sebuah apartemen dari paman saya seharga LE. 275.000 (dua ratus tujuh puluh lima ribu pound Mesir). Sebagai uang muka saya telah membayar LE. 100.000 (seratus ribu pound), lalu setiap bulan saya berkewajiban membayar LE. 10.000 (sepuluh ribu pound). Saat ini sisa hutang yang belum saya bayarkan sebesar LE. 115.000 (seratus lima belas ribu pound).

Pada tahun ini saya berencana melaksanakan ibadah haji bersama ibu saya. Biaya yang diperlukan sekitar LE. 70.000 (tujuh puluh ribu pound). Sebenarnya saya telah melaksanakan haji pada tahun lalu. Begitu juga ibu saya telah melaksanakannya sejak empat tahun silam. Paman saya mengatakan bahwa ia sedang membutuhkan uang dan telah beberapa kali meminta saya untuk segera melunasi pembayaran apartemen itu karena dia sudah pensiun dan gaji pensiun yang ia terima tidak cukup untuk memenuhi kebutuhannya.

Mohon penjelasan apakah saya boleh melaksanakan haji bersama ibu saya ataukah saya wajib terlebih dahulu melunasi sisa pembayaran kepada paman saya?

Jawaban
Mufti Prof. Dr. Ali Jum’ah Muhammad
Jika pemasalahannya seperti yang dideskripsikan dalam pertanyaan, yaitu penanya dan ibunya telah melaksanakan ibadah haji beberapa tahun yang lalu, maka pelunasan sisa pembayaran hutang lebih utama untuk dilakukan daripada melaksanakan ibadah haji sunah. Apalagi paman penanya sebagai pihak yang berhak atas sisa uang itu telah menyatakan bahwa dia membutuhkan uang tersebut. Dengan demikian, pembayaran hutang harus didahulukan daripada pelaksanaan haji sunah.

Wallahu subhânahu wa ta’âlâ a’lam.

Author Straw Hat

Jαngαn mαlu untuk menulis tentαng Islαm wαlαupun sepotong αyαt...Mαnα tαhu dengαn sepotong αyαt itu berhasil menyentuh hαti pembαcαnyα....

Sharing Is Caring
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply