My Islam

Tokoh Islam

Biografi

Artikel

Tips & Tricks

Kisah

» » » Cara Menghafal dan Membuat Password

Di era informasi ini, kita hidup dan bekerja dibatasi dengan Password, maka tidak asing kata-kata seperti “Please enter your password”, entah yang muncul di layar komputer atau di layar ponsel, kartu kredit, kartu ATM, sistem keamanan pintu, atau berbagai PIN lainnya untuk menjaga akses ke berbagai informasi dan operasi penting lainnya. Banyak pekerja kantor memiliki 3 sampai 5 kata password hanya untuk bekerja dan diperkirakan bahwa dalam sepuluh tahun, para pengguna bisa jadi harus menggunakan lebih dari 100 kata password! Karena kata password semakin banyak digunakan orang, bagaimana caranya memilih kata untuk digunakan sebagai kata password namun mudah diingat dan aman?

Ada beberapa hal dasar yang harus selalu diingat dan jangan dilakukan dalam
membuat kata password, yaitu :

1. Jangan menggunakan nama Anda atau nama seorang anggota keluarga Anda, bahkan dalam bentuk yang sudah dimodifikasi.

2. Jangan menggunakan pelat nomor kendaraan Anda, nomor telepon Anda, nomor KTP Anda, atau alamat Anda. Informasi demikian dapat dengan mudah ditemukan oleh seorang hacker yang gigih.

3. Jangan menggunakan kata password yang seluruhnya terdiri dari huruf atau angka. Sebuah program komputer yang relatif sederhana dapat memecahkan kode seperti itu dengan cepat.

4. Yang terakhir, jangan gunakan kata yang dapat ditemukan dalam kamus manapun, bahkan dalam kamus bahasa asing. Ada daftar panjang sekali yang berisi kata-kata, nama tempat, dan kata ganti dalam semua bahasa. Programprogram dapat mencoba variasi dari kata-kata ini, misalnya apakah kata-kata itu dieja terbalik, dikapitalisasi, atau dikombinasikan.

Jadi, kata password macam apa yang hendaknya digunakan? Biasanya, kata password harus memiliki minimal enam hingga delapan karakter dan yang memiliki campuran huruf besar dan kecil, angka dan tanda baca. Seberapa sulitkah memecahkan kombinasi karakter semacam itu? Sebuah sumber mengatakan bahwa “mesin yang dapat mencoba jutaan kata password per detik (kebanyakan mesin dapat mencoba kurang dari seratus per detik), membutuhkan waktu, rata-rata, lebih dari seratus tahun.
Bagaimana caranya memilih kombinasi yang mudah diingat? Coba ikuti saran berikut ini :

1. Gunakan judul sebuah buku atau film favorit atau sebuah lirik lagu atau puisi dan gunakan huruf pertama dari setiap kata sebagai kata password Anda, lalu tambahkan huruf besar, tanda baca atau karakter lain. Misalnya, “saya cinta kamu sekali” menjadi “IloveU2″.

2. Selingi konsonan dengan satu atau dua vokal sehingga membentuk kata yang tidak mengandung arti apa-apa tetapi bisa diucapkan. Misalnya, “MiaWo” atau “ALOalo”. Atau kita bisa menggunakan dua kata pendek yang dihubungkan dengan sebuah karakter tanda baca, seperti “Sayang?Aku” atau “Ingat=Adinda”. Meskipun tidak semua kata password memiliki tingkat keamanan yang sama dan tidak semua program bisa menerima karakter tertentu atau mengenali huruf besar, saran-saran di atas tetap dapat dipertimbangkan sehingga informasi penting Anda dapat terlindung dari orang yang mencoba-coba mencari tahu.

Dan ingat penting sekali untuk mengubah kata password Anda secara berkala.
Dan Tunggu dulu: Anda boleh menggunakan kata iassword apa pun, tetapi jangan ambil dari contoh di atas.

Author Straw Hat

Jαngαn mαlu untuk menulis tentαng Islαm wαlαupun sepotong αyαt...Mαnα tαhu dengαn sepotong αyαt itu berhasil menyentuh hαti pembαcαnyα....

Sharing Is Caring
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply