My Islam

Tokoh Islam

Biografi

Artikel

Tips & Tricks

Kisah

» » Menghormati Ulama

By Zahrul Bawady
Suatu ketika Allahuyarham Syaikh Ibrahim Al Bajuri Al Syafii (1198-1276 H) yang menjabat Syaikhul Azhar sedang duduk selesai maghrib di pelataran Al Azhar. Sebagaimana kebiasaan, orang orang yang berada di sekelilingnya -ada mahasiswa, orang biasa hatta dosen-dosen yang mengajar di Al Azhar,- menyalami dan mencium tangan beliau mengharap berkah. Tiba tiba Syaikh terkejut. Darah mengalir cepat. Beliau menangis memegang tangan orang yang baru saja mencium tangannya.

Tahukah siapa yang membuat Syaikh Bajuri menangis? Beliau adalah Syaikh Musthafa Muballith Al Syafii (1284 H). Syaikhul Islam Inbaby menyebutnya Quthb Al ‘Arif. Umurnya lebih tua dari Syaikh Bajuri. Sebelumnya Syaikh Musthafa juga merupakan kandidat Syaikhul Azhar bersama Syaikh Bajuri, yang akhirnya terpilih. Tepatnya tahun 1263 H, setelah Syaikh Shafti wafat.

Kenapa engkau lakukan ini wahai Syaikh Musthafa? “Allah telah mengangkat derajatmu, mengamanahkan engkau salah satu kiblat ilmu dan menjadikanmu pemimpin di antara kami. Sepantasnyalah kami memuliakanmu,” terang Syaikh Musthafa yang profilnya bisa di baca di kitab Al A’lam.

Begitulah etika ulama, menghormati dan memuliakan di antara mereka. Sikap demikian masih pula didapati hingga saat ini. Namun sudahkah kita sebagai orang awam, orang yang membutuhkan petunjuk para ulama memuliakan mereka?

Aku cinta orang orang shalih, semoga aku mendapat keberkatan mereka
Aku benci orang yang bermaksiat, walaupun aku bagian dari mereka.

Beliau menjadi benteng Asy’ari dan pembela ahlu sunnah wal jamaah. Banyak buku buku beliau berbicara seputar penguatan akidah Asy’ari dan ilmu tauhid. Mungkin di antara sebabnya saat itu di bagian timur Hijaz sudah muncul paham anti Asy’ari, namun beliau sudah siap sedia jika kemudian pahaman itu menyebar ke semenanjung Arab. Rahimakallahu ya syaikhal Islam.

Author Straw Hat

Jαngαn mαlu untuk menulis tentαng Islαm wαlαupun sepotong αyαt...Mαnα tαhu dengαn sepotong αyαt itu berhasil menyentuh hαti pembαcαnyα....

Sharing Is Caring
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply